SELAMAT MENEMPUH HIDUP BARU YA BU??

Ngga sabar nunggu tanggal 12 November 2012, dag-dig-dug tentunya bu wani menunggu saat-saat yang mendebarkan ini. Yaps kemarin memang hari berbahagia buat salah satu guru yang mengajar pada madrasah kami tepat nya jam 10.00 sudah diikat janji suci dengan pasangan pilihanya Aris, mas aris juga ngajar disalah satu madrasah dikecamatan kami.

Serombongan kami dari madrasah berangkat ke kediaman mempelai wanita, bersama perwakilan anak-anak. Sampai di TKP ternyata masih sepi, wah bener-bener kepagian kami datang, MISKOM….informasi yang didapat akan dilangsungkan akad nikah jam 09.oo karena lumayan agak jauh ke TKP maka kami putuskan untuk datang lebih awal kami berangkat pukul 08.00.

Setelah menunggu agak lama, alhamdulillah tepat jam 10.00 diucapakan janji akad nikah walaupun sedikit ada problem kecil, kemungkinan pengantin pria agak grogi sampai diulang 3 kali, menurut informasi pengantin pria latihan mengunakan bahasa arab, praktiknya mengunakan bahasa indonesia..yo wis ngga papa yang penting dah SAH YA BU..!!!hehe😀

Dilanjutkan acara selanjutnya agenda resepsi, ups unik karena ada acara begalan (tradisi asli dari banyumas), Begalan adalah jenis kesenian yang biasanya dipentaskan dalam rangkaian upacara perkawinan yaitu saat calon pengantin pria beserta rombongannya memasuki pelataran rumah pengantin wanita. Disebut begalan karena atraksi ini mirip perampokan yang dalam bahasa Jawa disebut begal. Yang menarik adalah dialog-dialog antara yang dibegal dengan sipembegal biasanya berisi kritikan dan petuah bagi calon pengantin dan disampaikan dengan gaya yang jenaka penuh humor. Upacara ini diadakan apabila mempelai laki-laki merupakan putra sulung. Begalan merupakan kombinasi antara seni tari dan seni tutur atau seni lawak dengan iringan gending. Sebagai layaknya tari klasik, gerak tarinya tak begitu terikat pada patokan tertentu yang penting gerak tarinya selaras dengan irama gending. Jumlah penari 2 orang, seorang bertindak sebagai pembawa barang-barang (peralatan dapur), seorang lagi bertindak sebagai pembegal/perampok. Barang-barang yang dibawa antara lain ilir, ian, cething, kukusan, saringan ampas, tampah, sorokan, centhong, siwur, irus, kendhil dan wangkring. Barang bawaan ini biasa disebut brenong kepang. Pembegal biasanya membawa pedang kayu. Kostum pemain cukup sederhana, umumnya mereka mengenakan busana Jawa. Dialog yang disampaikan kedua pemain berupa bahasa lambang yang diterjemahkan dari nama-nama jenis barang yang dibawa, contohnya ilir yaitu kipas anyaman bambu diartikan sebagai peringatan bagi suami-isteri untuk membedakan baik buruk. Centhing, tempat nasi artinya bahwa hidup itu memerlukan wadah yang memiliki tatanan tertentu jadi tidak boleh berbuat semau-maunya sendiri. Kukusan adalah alat memasak atau menanak nasi, ini melambangkan bahwa setelah berumah tangga cara berpikirnya harus masak/matang. Selain menikmati kebolehan atraksi tari begalan dan irama gending, penonton juga disuguhi dialog-dialog menarik yang penuh humor. Biasanya usai pertunjukan, barang-barang yang dipikul diperebutkan para penonton. Sayangnya pertunjukan begalan ini tidak boleh dipentaskan terlalu lama karena masih termasuk dalam rangkaian panjang upacara pengantin.

 berhubung saya sendiri kurang paham seluk beluk begalan maka ane ambil dari wikipedia.

Ok dech bu dari pada panjang lebar

“KAMI KELUARGA BESAR MII KALILANDAK MENGUCAPKAN SELAMAT MENEMPUH HIDUP BARU, SEMOGA MENJADI KELUARGA SAMARA “

Doa Kami :

بارك الله لك وبارك عايك وجمع بينكما فى خير

Baarakallahu laka wa baaraka ‘alaika wa jama’ah baina kumaa fii khairin

Artinya: Mudah-mudahan Allah memberkatimu dalam segala hal (yang baik) dan mempersatukan kamu berdua dalam kebaikan.

Akad Nikah

Adat lempar sirih

Cium tangan mempelai PRIA

Dulangan

Jejer MANTEN

BEGALAN (BANYUMASAN)

ADU-ADU…AREP

21 thoughts on “SELAMAT MENEMPUH HIDUP BARU YA BU??

  1. begalan ntu sama kali di tempat saya (betawi) yaitu mendobrak palang pintu dengan seni tari/ silat juga diserati dengan saling lempar pantun
    selamat ya atas pernikahannya, semoga awet sentosa🙂

  2. Acara pengantinannya unik ya, pake acara begalan segala. Belum pernah liat saya🙂.
    Selamat menempuh hidup baru buat bu Guru dan pak Guru… semoga menjadi keluarga sakinah mawadah warohmah. Amiin

  3. jadi pengen nikaaah
    #lhoooooo
    anyway selamat ya buat bu wani dan pak aris
    semoga bisa jadi keluarga sakinnah mawaddah warrahmah😀

tuliskan nama mu untuk menginggatku

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s