GERAKAN SHOLAT UNTUK KESEHATAN

Pada waktu ramadhan disalah satu sebuah televisi swasta ada acara CHATING bersama YM, nah disitu mendatangkan seorang dokter sekaligus seorang ustad, nah disitu dijelas kan mengenai gerakan shalat merupakan bagian dari olahraga otot-otot dan persendian tubuh. Sholat dapat membantu menjaga vitalitas dan kebugaran tubuh tetapi dengan syarat semua gerakan sholat dilakukan dengan benar,perlahan dan tidak terburu-buru serta istiqomah atau konsisten. Saya mengalami sendiri dan saya praktekkan, betapa nikmatnya gerakan sholat tersebut, bagi diri saya sendiri merasa ringan dan fress.

Oleh karena begitu banyak manfaat gerakan shalat bagi kesehatan tubuh manusia. Semakin sering kita sholat dengan benar, semakin banyak manfaat yg kita peroleh untuk kesehatan diri kita.Mari kita lihat beberapamanfaatnya sholat.

Manfaat sholat pada kesehatan :

1. Sholat dengan berdiri

Wajibnya sholat adalah berdiri bagi yang mampu, ternyata berdiri pada waktu sholat mengandung hikmah yg luar biasa yaitu dapat melatih keseimbangan tubuh dan konsentrasi pikiran.

2. Takbiratul Ihram

Takbir dilakukan dengan mengangkat kedua tangan sejajar dengan bahu dan dilakukan ketika hendak rukuk dan bangkit dari rukuk. Pd saat kita mengangkat tangan sejajar bahu, otomatis kita membuka dada, memberikan aliran darah dari pembuluh balik yang terdapat di lengan untuk dialirkan ke bagian otak pengatur keseimbangan tubuh, membuka mata dan telinga kita sehingga keseimbangan tubuh terjaga.

3.      Rukuk

Rukuk dilakukan dengan tenang dan optimal dapat merawat kelenturan tulang belakang yang berisi sumsum tulang belakang (sebagai saaraf sentral manusia) beserta aliran darahnya. Rukuk pun dapat memelihara kelenturan tuas sistem keringat yang terdapat di punggung, pinggang, paha dan betis belakang. Demikian pula tulang leher, tengkuk dan saluran saraf, memori dapat terjaga kelenturannya dengan rukuk. Kelenturan saraf memori dapat dijaga dengan mengangkat kepala secara maksimal dengan mata menatap ke tempat sujud.

4.      I’tidal (Bangun dari Rukuk)

Saat berdiri dari rukuk dengan mengangkat tangan, darah dari kepala akan turun ke bawah sehingga bagian pangkal otak yang mengatur keseimbangan berkurang tekanan darahnya. Hal ini dapat menjaga sistem saraf keseimbangan tubuh dan berguna mencegah terjadinya pingsan secara tiba-tiba.

 5.      Sujud

Apabila dilakukan dengan benar dan lama, sujud dapat memaksimalkan aliran darah dan oksigen menuju otak atau kepala, termasuk mata, telinga, leher, pundak dan hati. Cara seperti ini efektif untuk membogkar sumbatan pembuluh darah pada jantung sehingga resiko terkena jantung koroner dapat diminimalisir.

6.      Duduk antara Dua Sujud

Cara duduk di antara dua sujud dapat menyeimbangkan sistem kerja elektrik serta saraf keseimbangan tubuh kita. Selain itu, gerakan ini dapat menjaga kelenturan saraf di bagian paha dalam, cekungan lutut, cekungan betis, sampai jari-jari kaki. Kelenturan saraf ini dapat mencegah penyakit prostat, diabetes, sulit buang air kecil dan hernia.

7.      Duduk Tasyahud Awal

Pada saat duduk tasyahud awal, lipatan paha dan betis bertemu. Gerakan ini dapat mengaktifkan kelenjar keringat sehingga dapat mencegah pengapuran dan mengoptimalkan kaki sebagai penopang tubuh kita.

8.      Duduk Tasyahud AKhir

Gerakan ini lebih baik dari gerakan bersila. Berguna untuk membongkar pengapuran pada cekungan kaki kiri agar saraf keseimbangan yang berhubungan dengan saraf mata akan terjaga dengan baik sehingga konsentrasi akan meningkat dan terjaga.

9.      Salam

Gerakan ini dapat menarik urat leher yang bermanfaat untuk menjaga kelenturan urat leher. Pada leher terdapat banyak urat saraf yang sangat penting untuk dijaga, seperti urat saraf paru-paru dan jantung.

Semoga bermanfaat dari berbagai sumber.

27 thoughts on “GERAKAN SHOLAT UNTUK KESEHATAN

  1. makasih Mas sudah berbagi ilmunya. Ternyata kalo dijalankan bener-bener sholat bisa bermanfaat untuk kesehatan ya..🙂
    Kunjungan balik ya Mas. Salam kenal.🙂

  2. iya,, banyak hikmah tersimpan di dalam gerakan-gerakan shalat, hanya saja kita kadang terlalu cepat atau tidak betul, sehingga tidak merasakan manfaatnya.. terimakasih ya atas ilmunya..🙂

  3. Shalat, selain sebagai kewajiban umat muslim, memberi waktu bagi kita untuk “bersama” dengan Allah, serta memberikan manfaat kesehatan. Dalam kata lain, berguna dunia akhirat.😉

  4. iya mas, saya memang dari dulu sperti menyadari bila gerakan sholat itu ada manfaatnya untuk kesehatan tubuh, menurut saya tak ada gerakan yang sia-sia ketika kita sedang menjalankan ibadah sholat

    • Kalau saya baru ngerti mas pada waktu liat acara chat bareng YM….
      ternyata gerakan sholat bisa membuat kita sehat…..

      semangat semoga semakin rajin sholat swajib dan sunah…
      😀

  5. Subhanallah… Tidak ada yang sia2 dari gerakan sholat ya…
    Setelah saya kecelakan belasan tahun yang lalu, saya gak bisa duduk dengan benar pada saat duduk antara 2 sujud atau saat tasyahud awal dan akhir. Semoga Allah mengampuni…

  6. Semua gerakan dalam sholat aku suka. . .
    Memang semua gerakan itu bisa menyehatkan badan, apalagi kalau lagi encok, pas rukuk enak banget ya, Om.😆

tuliskan nama mu untuk menginggatku

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s