KISAH WANITA DALAM AL QUR’AN

Didalam Al Qur’an sudah di tuliskan ada wanita – wanita yang baik untuk di ikuti dan ada pula wanita yang wajib untuk di jauhi karena kelakuannya….contoh wanita yang patut di contoh para wanita muslimah yaitu Siti Maryam, dan masih banyak lagi….dan wanita dengan sifatnya yang tidak patut kita contohnya ..istrinya abu lahab yang pembawa kayu bakar…dan lain – lain….

Dalam hal ini ada beberapa contoh tipe wanita

  1. Wanita dengan kepribadian yang kuat, tipe ini di wakili oleh siti asiyah, Istri fir’aun walaupun dalam cengkraman raja yang mengaku Tuhan , tetapi ia tetap teguh menjaga aqdah, ibadah dan harga dirinya sebagai seorang muslim ( S.At Tahrim : 11 )
  2. Wanita yang berusaha menjaga kesuciannya dirinya dan tipe kedua ini di wakili oleh Siti Maryam, dalam surat Maryam di sebutkan bahwa maryam adalah wanita suci yang tidak pernah disentuh oleh lelaki pun.Karena keutamaan inilah , Alloh berkenan mengabadikan namanya dalam Al Qur’an dan menjadikan dirinya ibu dari seorang Nabi Isa AS.
  3. Wanita penghasut, penebar fitnah , pengemar gosip , profokator dan sangat buruk hatinya dan ia adalah hindun , istrinya Abu Lahab, Aal – Qur’an menjuluki wanita ini sebagai “ pembawa kayu bakar “ atau wanita penebar fitnah dan permusuhan ( QS.Al – Lahab )
  4. Wanita pengoda dan perayu, dan di wakili oleh Zulaikha,petualangan dalan mengoda yusuf di jelaskan dalam surat Yusuf : 3

Bahwasanya dalam Al Qur’an sudah jelas bahwa islam memuliakan wanita diantaranya adalah sebagai berikut

1. Wanita diciptakan dari tulang rusuk laki – laki surat an nissa.

” Wahai sekalian manusia , bertaqwalah kepada Rabb kalian sekalian yang telah menciptakan kalian dari jiwa yang satu dari jiwa yang satu itu Dia menciptakan pasanganya, dan dari keduanya Dia memperkembangbiakan laki – laki dan perempuan yang banyak “

( S.An – Nissa : 1 )

2. Cukup menikahi seorang wanita saja.

“ Kemudian jika kalian khawatir tidak berlaku adill maka nikahilah seorang wanita saja atau budak – budak perempuan yang kalian miliki

( S.An Nissa : 3 )

3. Suami diperintah untuk berlaku baik pada istrinya.

“ Dan bergaulah kalian ( para suami ) dengan mereka ( para istri ) secara patut”

( Q.S, An Nissa : 129 )

4. Suami tidak boleh membenci istrinya dan tetap harus berlaku baik terhadap istrinya.

“ Kemudian bila kalian tidak menyukai mereka maka bersabarlah kerena mungkin kalian tidak menyukai sesuatu padahal Alloh menjadikan padanya kebaikan yang banyak”

( QS An Nissa : 19 )

Mudah – mudahan wanita – wanita di indonesia termasuk dalam seperti siti maryam dan siti aisyah dll, dan di jauhi dari sifat buruk seperti istrinya abu lahab.

Oh ya berhubung dalam rangka hari kartini sayamengucapakan selamat hari kartini buat para perempuan indonesia……

20 thoughts on “KISAH WANITA DALAM AL QUR’AN

  1. Maaf Pak, sedikit berbagi ilmu yang pernah saya dapat.
    Banyak kisah wanita yang diceritakan dlam Al Qur’an, namun satu-satunya nama wanita yang disebutkan dalam Al Qur’an adalah Maryam binti Imran. Allah Maha Santun, maka Ia Berkenan Menutup aib hamba-Nya selama mereka tidak berbuat maksiat terang-terangan, seperti dalam kasusnya Imroatul aziz (atau yg dikenal dg Zulaikha). Tidak pernah Allah Menyebut namanya atas kekhilafan yg pernah dia perbuat, dan pada akhirnya Zulaikha ini beriman pada ajaran yang dibawa nabi Yusuf as. (Kisahnya dijelaskan di Surat Yusuf)

    Oya, dan nama istri Abu Lahab adalah Arwa binti Harb bin Umayyah, bukan Hindun. Hindun adalah istri Abu Sufyan yg pada masa jahiliyyahnya dia mengunyah jantung paman Rasulullah SAW, Hamzah bin Abdul Muthalib. Namun pada akhirnya dia ini masuk Islam dan menjadi salah satu shahabiyah dan pemimpinnya para wanita muslim.

tuliskan nama mu untuk menginggatku

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s