BELAJAR TEKNOLOGI DARI AL – QUR’AN

BELAJAR merupakan kebutuhan manusia  untuk tak menyebutnya kewajiban. Dengan belajar, manusia akan mengetahui makna. Makna itulah yang akan membuat manusia menjadi manusia seutuhnya dan berkepribadian.

Pemahaman terhadap makna itulah yang juga menjadi penanda atau pembeda manusia dari makhluk Allah yang lain. Manusia dibekali pikiran dan hati sebagai alat untuk menyingkap ayat-ayat Allah. Pikiran dan hati yang dapat dipergunakan sebagai perasa tak diberikan Allah kepada makhluk selain manusia.

Maka untuk menjernihkan pikiran dan hati butuh banyak bacaan dari hasil permenungan mendalam. Semua itu didapat dari proses belajar yang lama.

Betapa penting belajar juga menjadi bagian tak terpisahkan dari proses kerasulan Muhammad. Dan, belajar merupakan perintah pertama dalam Alquran (Surah Al-Alaq Ayat 1-5). Kata iqra tidak hanya berarti membaca, tetapi kewajiban bagi manusia untuk mengemban amanat kemanusiaan menjadi sebaik-baik makhluk (khoira al ummah). Itulah fitrah manusia sebagai khalifatullah fil ardhi (pemimpin atau wakil Allah di muka bumi).

Jadi perintah belajar berlaku untuk semua umat manusia, tidak memandang status atau strata sosial. Belajar tidak memandang umur, kecil, tua, muda, dan dewasa. Semua wajib terus belajar (iqra).

Sebab, masih banyak misteri alam belum terpecahkan oleh manusia. Misalnya, bagaimana cara mendeteksi gempa bumi berkekuatan besar, meski kini banyak peneliti telah meneliti lapisan bumi dan stuktur tanah di berbagai belahan dunia.

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi begitu cepat di belahan bumi lain sudah saatnya menginspirasi masyarakat Indonesia untuk bangkit. Sebab, Indonesia merupakan representasi penting umat Islam di dunia. Jika banyak ilmu pengetahuan dan teknologi ditemukan dan dikembangkan masyarakat Indonesia, itu juga berarti kemajuan tersendiri dalam pengkajian Islam dan Islam itu sendiri.

Karena itu, dalam sistem pendidikan nasional harus ada sinergi atau keinginan kuat dari semua komponen pendidikan untuk terus belajar. Pendidikan Indonesia juga selayaknya tidak selalu berkiblat ke Barat. Namun sebaiknya menggali kearifan lokal dan budaya bangsa Indonesia sebagai dasar untuk membuat kebijakan dalam pendidikan nasional.

Teknologi Sulaiman dan Chidir Lebih dari itu, pengkajian dan penelitian terhadap Alquran sebagai kitab umat Islam sangat perlu. Sebab, menurut pendapat BJ Habibie dalam Memahami Alquran dan Mengimplementasikannya, Akumulasi Pengalaman Keagamaan (1992), untuk pengembangan sumber daya manusia perlu konsep. Tak cukup dengan ilmu-ilmu human resource development, ilmu pendidikan, atau psikologi perkembangan klasik. Kita juga memerlukan ilmu yang berkembang dari kekuatan iman yang bersumber dari Alquran dan sunah Rasul. Itulah landasan dasar pengembangan masyarakat pada abad ke-21.

Tidak hanya substansi ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat banyak terdapat dalam Alquran, tetapi juga teknologi dan metodologi yang belum mampu dipahami oleh daya pikir manusia.

Itu sangat mungkin karena kandungan isi Alquran yang mulia bersifat kebenaran mutlak. Adapun kebenaran ilmu pengetahuan dan teknologi yang dicapai manusia hingga saat ini, apa pun bentuk dalil, hukum, persamaan-persamaan, dan lain sebagainya, bersifat nisbi, relatif.

Kebenaran yang dirumuskan ilmu pengetahuan dan teknologi masa kini belum tentu benar pada masa datang. Katakanlah, misalnya, teknologi yang diperagakan Nabi Sulaiman melalui sistem komunikasi dengan binatang, makhluk halus, penyelam lautan, serta teknologi dan ilmu pengetahuan yang dikembangkan Nabi Chidir dan Musa, dan lain sebagainya yang masih merupakan rahasia ilmu yang sulit kita mengerti. Namun itu adalah sebagian dari kebenaran mutlak yang pada masa datang mungkin tak menjadi pertanyaan lagi.

Menjadi Produsen Kisah-kisah keagungan para rasul dalam Alquran sudah saatnya tidak hanya menjadi legenda, bahkan mitos. Kisah-kisah itu sudah saatnya menginspirasi umat Islam untuk bangkit dari keterpurukan di bidang teknologi. Umat Islam patut kembali memimpin peradaban dengan mengkaji atau menengok Alquran sebagai kitab terbuka dan sumber ilmu pengetahuan dan teknologi.

Keagungan Alquran akan menjadi tuntunan hidup, sehingga masyarakat senang membaca dan mengkajinya. Rahasia penciptaan alam semesta akan terungkap jika umat Islam mampu menangkap makna yang tersirat dan tersurat dalam Alquran.

Jadi ilmu pengetahuan dan teknologi pada dasarnya bukan masalah serius bagi umat Islam. Umat Islam sudah sangat akrab dengan kemajuan teknologi. Itu tercermin dari isi kita suci Alquran yang banyak berbicara mengenai kemajuan tersebut.

Kini, sudah saatnya umat Is-lam tidak hanya menjadi konsumen ilmu pengetahuan dan teknologi. Sudah saatnya umat Islam memimpin peradaban dengan menjadi produsen ilmu pengetahuan dan teknologi berdasar bacaan dan penelitian yang mendalam dan memadai dari Alquran. Wallahu alam. (51)S

Sumber : Benni Setiawan, mahasiswa Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta

64 thoughts on “BELAJAR TEKNOLOGI DARI AL – QUR’AN

  1. Keajaiban Al Qur’an sebagai tuntunan hidup umat manusia di dunia ini akan selalu abadi dan takkan lekang dimakan waktu,

    Tak lupa, Minal Aidin Wal Faizin. Mohon Maaf Lahir dan Bathin.

  2. Keajaiban Al Qur’an sebagai tuntunan hidup umat manusia di dunia ini akan selalu abadi dan takkan lekang dimakan waktu,

    Tak lupa, Minal Aidin Wal Faizin. Mohon Maaf Lahir dan Bathin. Semoga amal ibadah kita di bulan ramadhan diterima Allah SWT.

  3. Assalaamu’alaikum Akhmad

    Tulisan yang mencerahkan untuk kita mengambil iktibar dan pengajaran bahawa ilmu dan pengetahuan boleh diperolehi dalam apa juga bentuk dan cara penyampaiannya. Baca dan tulis telah diseru Allah melalui surah al-Alaq yang menjadi satu kewajiban atas semua ummah untuk mempelajarinya agar tidak menjadi miskin ilmu.

    kemudahan teknologi sehingga al-Quran boleh dibawa ke mana-mana kita pergi, cukup membuktikan bahawa Islam adalah agama yang menuntut kebijakan sebagai ulul albab. Maka tiada alasan untuk kita menghindar diri dari mempelajari dan membaca al-Quran.

    Salam mesra selalu dari Sarawak.

  4. Setuju. Anak-anak harus paham sejarah Islam. Sebagai motivasi mengembangkan kreatifitas berpikir mereka. Serta meningkatkan Spiritualitas Questionnya.

    Mari kita kembangkan budaya baca dan budaya mendongeng di antara para orangtua. Anak-anka perlu pendampingan ketika belajar. Supaya mereka lebih paham arti belajar yang sebenarnya.

  5. bener kata mbak gerhana coklat, memang banyak buku yang mencoba menafsirkan alquran, tapi kebanyakana malah membuat agak bingung

  6. Ass wr wb .

    kujungan perdana untuk menapakkan langkah semoga berkenan .

    subhanalloh …. saya islam tapi belum pasih betul tentang alQuran ..tapi saya tetap berusaha untuk terus menggali dan menggali samapae tak ada batas waktu …makasih pencerahannnya .

  7. Segala ilmu yg ada didunia ini bersumber dr Al-Qur’an yang mulia sebagai mukjizat bagi Rasulullah saw.
    Takkan ada habisnya dan takkan lekang di telan masa krn Allah swt telah berjanji utk menjaganya.
    Salam

  8. wah saya belum sempet baca semua tulisannya ni Mas, maaf…tapi saya sudah bisa sedikit memahami tulisan ini….
    memang benar yang namanya belajar itu tak pandang tua,muda,kaya,miskin, dll….karena belajar itu suatu kebutuhan buat kita sebagai manusia, ya…kalau kita gak mau belajar kapan kita bisa maju….
    Yang terpenting kita harus bisa belajar dari Al-Qur’an bener kata Mas….
    karena Al-Qur’an itu sudah jelas adalah pedoman hidup bagi kita selaku umat muslim…..

    Salam kenal Mas…

  9. Assalamualaikum saudara Ahmad Fauzi. Salam kenal.
    Semoga dengan banyaknya ilmu dan teknologi yang tersingkap dari al-Quran akan menyedar dan menambahbaik iman kita umat Islam, tak kira di mana berada.
    penurunan ayat pertama berkaitan bacatulis merupakan rahsia utama manusia untuk mengenal Allah sebagai pencipta.
    TQ

  10. Lebih sip kalo ditunjukin contoh-contohnya, Mas…
    Misal ayat2 yang mengilhami ilmuwan menjadi teknologi tertentu.
    Great post, by the way :thumbsup: ^_^

  11. sebenarnya banyak ilmu2 karya umat islam tp dibajak to ma orang barat yang ga bertanggung jawab………………… inget sejarah laut hitam

  12. AL-Quran benar-benar kitab yang suci dan luar biasa …
    ilmu pengetahuan dari berbagai disiplin ilmu yang ada tercatat indah di dalam Al-Quran … termasuk misteri yg belum bisa dipecahkan oleh akal manusia …
    Allah adalah Maha dari Segala Maha …

    ~~~ Salam BURUNG HANTU ~~~

  13. (untuk semuanya)…
    “alam se isinya semua sudah terkandung ddlam al qur’an,, jd klo sdh tau, gak cukup hanya sekedar membicarakan kebesaran ddlm kandunganya,,….mulai skrglh kita belajar ssuai apa yg terkandung ddlmnya,,,,,

tuliskan nama mu untuk menginggatku

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s