MENYAMBUT MALAIKAT DENGAN MIRAS

“Setiap yang memabukan adalah khamer, dan setiap khamer hukumnya haram.Barang siapa meminum khamar di dunia dimana dia kecanduan denganya dan belum bertaubat kemudian dia mati, maka ia tidak akan meminumnya diakherat “[HR Imam Bukhori pada kitab al Asyribah nomor:5575]
Tulisan ini saya tulis dengan melihat fenomena pemberitaan di Tv yang memberitakan berita bahwa di beberapa daerah lagi marak korban jiwa akibat minuman keras oplosan…sedihnya hati ini melihat pemberitaan di tv itu….pada hadist diatas menjelaskana bahwa orang yang kecanduan minuman khamar dan belum sempat bertaubat sebelum dia mati, maka tiada tempat baginya kecuali neraka.Hadist diatas tidak menyebutkan neraka secara langsung, hanya menyebut bahwa orang yang meminum khamar di dunia dan dia belum sempat bertaubat, maka tidak akan bisa meminumnya diakherat..
Para Ulama menjelaskan bahwa khamer adalah minuman penduduk surge [ Q.S.al.Muthaffifin : 25]
”mereka diberi minum dari khamar murni yang dilak (tempatnya)”
Ketika orang yang meminum khamer di dunia diancam tidak akan meminumnya diakherat maka itu berarti orang tersebut tidak berada disurga.Itu berarti bila tidak berada disurga berarti dia berada dineraka .Karena diakherat hanya ada dua tempat yaitu surga dan neraka.
Khamar berarti “ menutupi “dalam hal ini yaitu menutupi akal…untuk menjalankan fungsinya…khamar diindonesia terkenal dengan sebutan Alkohol..dari segi manfaatnya khamer atau alkohol antara lain sebagai sumber energy dan pelarut yang biasanya digunakan oleh dunia kedokteran…dan dari segi mudharatnya khamer sudah sangat jelas dengan banyaknya korban yang meninggal dari mengkonsumsi khamer tersebut….dan sebagai penyebab tindak kejahatan contohnya pemerkosaan , pembunuhan , perampokan…selain juga sebagai penyebab kecelakaan lalu lintas dan keretakan rumah tangga..
Karena Al qur’an hanya menjelaskan bahwa dalam khamar ada manfaat dan mudharatnya , namun ia tidak menghukuminya secara tegas, maka sebagian sahabat masih meminum khamer , sampai – sampai sahabat Ali sempat sedang sholat sedangkan beliau masih dalam keadaan mabuk.Pada waktu itu beliau sedang membaca surat Al kafirun kemudian terbalik – balik, Karena itu Alloh menurunkan surat Q.S An.Nissa : 43 )
“ Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu shalat, sedang kamu dalam Keadaan mabuk, sehingga kamu mengerti apa yang kamu ucapkan, (jangan pula hampiri mesjid) sedang kamu dalam Keadaan junub[301], terkecuali sekedar berlalu saja, hingga kamu mandi. dan jika kamu sakit atau sedang dalam musafir atau datang dari tempat buang air atau kamu telah menyentuh perempuan, kemudian kamu tidak mendapat air, Maka bertayamumlah kamu dengan tanah yang baik (suci); sapulah mukamu dan tanganmu. Sesungguhnya Allah Maha Pema’af lagi Maha Pengampun “
Sahabat Umar yang dikenal sangat kritis melihat bahwa ayat tersebut belum tegas menjelaskan tentang khamar.Maka beliau terus meminta penjelasan yang masti tentang khamar.Maka turunlah Surat Al Maidah ayat 90-91 ayat ini dengan tegas mengaharamkan khamar.Karena itu sahabat umar tidak bertanya lagi tentang hukum khamar dalam islam.
Dengan turunnya ayat – ayat tentang khamar secara bertahap dapat diambil kesimpulan bahwa khamar tidak hanya diharamkan oleh agama, akan tetapi akal sehat pun menolak khamar.Dengan demikian , orang yang meminum khamer adalah orang yang tidak beragama dan tidak berakal..Adalah balasan yang setimpal, bila Alloh mengancam mereka dengan neraka..” Wal’iyaadzu billah “

24 thoughts on “MENYAMBUT MALAIKAT DENGAN MIRAS

  1. Sudah sangat jelas perintah larangan terhadap minuman keras
    dan masih banyak minuman yang bermanfaat dan meyehatkan. minum madu adalah salah satunya. Salam sehat selalu

  2. informatif bgt mas…

    ikut prihatin juga terhadap fenomena akhir2 ini…
    meninggal karena keracunan minuman keras…

    udah tahu banyak kasus kaya gitu, eh masih ikut2 an saja…

    lagipula apa untungnya sih????

  3. Gak boleh ber-KUBAM!XP nice post, saran aja ya, tlg dkasi spasi antar paragraf, agk slt bc ne, nyambung dr awal sampai akhir.XP

  4. Beberapa hari yg lalu seorang OB kepalanya diperban, bocor krn dikepruk botol minuman (sesama temen teler) pas pesta miras gitu. Tak guyoni spy laen kali kalo mimik2 lagi sebelum teler botolnya diganti botol plastik aja. Lha jelas2 orang mabok itu jadi gak kontrol kok ya gak takut ya..?

  5. pesona dunia
    keindahan dunia
    gebyar dunia

    kita seperti berjalan di atas tanah hitam ketika malam gelap pekat…..

    semoga kita semua tetap dalam lindungan – Nya

tuliskan nama mu untuk menginggatku

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s