GOLONGAN DARAH DAN TYPE KEPRIBADIAN

Ternyata eh ternyata minuman keras itu haram…..<bang rhoma mode on >

Sebenernya bukan membahas masalah minuman keras nich…hee..hee, dilihat dari post atas aja sudah jelas Golongan darah berarti ane mau membahas masalah Darah donk…

tipe golongan darah  mempengaruhi karakter pribadi seseorang. Kesimpulan itu merupakan hasil penelitian Furukawa Takeji dari Jepang. Menurut hasil studinya yang sangat ia percayai bahwa golongan darah seseorang akan mempengaruhi kepribadian mereka.

Menurut hasil studi itu golongan darah manusia ditentukan oleh protein-protein tertentu yang membangun semua sel di tubuh kita. Oleh karenanya,  menentukan karakter pribadi kita.

Secara umum darah manusia terbagi dalam golongan A, B, O, AB, dari empat golongan tersebut ternyata mempunyai keunikan masing-masing. Atas dasar pengetahuan ini orang Jepang lebih suka meramal tentang seseorang lebih ditentukan oleh golongan darah daripada zodiak atau shio. Kenapa?

Penjelasan lebih jauh dinyatakan bahwa sifat orang yang menonjol berdasarkan golongan darahnya dijelaskan sebagai berikut. :

  1. A   :  terorganisir, konsisten, memiliki jiwa kerja-sama tinggi, tapi selalu cemas (karena perfeksionis) yang kadang bikin orang mudah sebel.
  2. B   :  santai, easy going, bebas, dan paling menikmati hidup,
  3. O   :  berjiwa besar, supel, gak mau ngalah, alergi pada yang detil, kecenderungan politik
  4. AB    :  unik, nyleneh, banyak akal, berkepribadian ganda,

Tiap  golongan darah memiliki kepribadian yang khas, karakter khususnya digambarkan begini.

Tipe A

Orang dengan darah tipe A memiliki kekuatan yang berakar yang membantu mereka tetap tenang dalam krisis ketika semua orang panik. Namun, mereka cenderung menghindari konfrontasi, dan merasa sangat tidak nyaman di dekat orang. Tipe pemalu, mereka mencari keharmonisan dan sangat sopan, tapi semua merasa yang sama bahwa mereka tidak pernah benar-benar cocok dengan orang lain.

Karakternya sangat bertanggung jawab. Jika ada pekerjaan yang harus dilakukan, mereka lebih memilih untuk mengurus sendiri. Mereka termasuk orang-orang mendambakan kesuksesan dan perfeksionis. Mereka juga sangat kreatif dan paling artistik dari semua tipe darah, kemungkinan besar karena sensitivitas mereka.

Orang dengan golongan darah A juga cenderung dianggap klasik “tipe” A mudah stres.

Tipe B

Orang dengan darah tipe B berkarakter paling. Mereka adalah spesialis dalam apa saja yang mereka lakukan. Ketika mereka memulai sebuah proyek, mereka menghabiskan waktu lebih, memahami dan mencoba mengikuti petunjuk dari orang lain sepanjang mungkin. Ketika mereka melakukan sesuatu, semua perhatian difokuskan padanya. Mereka cenderung menempel pada tujuan dan mengikutinya hingga akhir, meskipun tampaknya tidak mungkin.

Mereka cenderung kurang koperatif, karena mereka suka mengikuti aturan mereka sendiri dan ide-ide mereka sendiri. Mereka adalah individualis. Tipe B orang memperhatikan pikiran mereka sedikit lebih dari perasaan mereka, dan karena itu kadang-kadang dapat terlihat dingin dan serius.

Orang dengan darah tipe B sering dianggap lebih santai, dan tidak konvensional daripada jenis lainnya, walaupun tidak harus sampai ke tingkat yang tidak dapat diterima.

Tipe O

Orang dengan golongan darah O orang yang terbuka, energik dan sosial. Mereka yang paling fleksibel dibandingkan dengan semua golongan darah. Mereka mudah memulai proyek tetapi sering mengalami kesulitan berikutnya karena mereka mudah menyerah. Mereka bertingkah dan tidak terlalu dapat diandalkan. Jenis O selalu mengatakan apa yang ada di pikiran mereka. Mereka menghargai pendapat orang lain dan suka menjadi pusat perhatian. Juga, orang dengan darah O sangat percaya diri.

O Tipe, paling “rata-rata” jenis darah, dianggap sebagai jenis yang terbaik di Jepang.

* Tipe AB *

Orang dengan golongan darah AB sulit untuk dikategorikan. Mereka dapat memiliki karakteristik di kedua ujung spektrum pada waktu yang sama. Misalnya, mereka bisa pemalu dan bisa  tiba-tiba sebaliknya. Mereka dengan mudah beralih dari satu berlawanan dengan yang lain. AB orang yang dapat dipercaya dan bertanggung jawab, tetapi tidak dapat menangani terlalu banyak ketika diminta dari mereka. Mereka tidak keberatan membantu, asalkan pada kondisi mereka sendiri bersedia. Orang dengan tipe darah ini tertarik dalam seni dan metafisika.

AB dianggap sebagai tipe darah terburuk di Jepang. Mereka dapat prediktabilitas-mencintai, mereka meriam longgar. Mereka ingin mengekspresikan kondisi mereka sendiri dan memiliki sifat untuk lari dari persoalan. Mereka hengkang dari pekerjaan ketika terdapat hal-hal tidak memenuhi harapan mereka. Mereka dikenal sensitif dan ingin mendapat perhatian untuk mengimbangi kekurangan dari jenis darahnya. Untuk sementara, beberapa perusahaan mencoba membagi karyawan mereka ke dalam kelompok kerja berdasarkan golongan darah, dan tak seorang pun ingin bekerja dengan kelompok AB.

*Karakter khas berdasarkan urutan.

*

Yang paling gampang ngaret soal waktu

  1.  B (karena nyantai terus)
  2. O (karena flamboyan)
  3. AB (karena gampang ganti program)
  4. A (karena gagal dalam disiplin)

Yang paling susah mentolerir kesalahan orang :

  1. A (karena perfeksionis dan narsismenya terlalu besar)
  2. B (karena easy going tapi juga easy judging)
  3. AB (karena asal beda)
  4. O (easy judging tapi juga easy pardoning)

Yang paling bisa dipercaya :

  1. A (karena konsisten dan taat hukum)
  2. O (demi menjaga balance)
  3. B (demi menjaga kenikmatan hidup)
  4. AB (mudah ganti frame of reference)

Yang paling disukai untuk jadi teman :

  1. O (orangnya sportif)
  2. A (selalu on time dan persis)
  3. AB (kreatif)
  4. B (tergantung mood)

Kebalikannya, teman yang paling tidak disukai:

  1. B (egois, easy come easy go, maunya sendiri)
  2. AB (double standard)
  3. A (terlalu taat dan scrupulous)
  4. O (sulit mengalah)

*Kemampuan Otak *

Yang paling mudah tersesat

  1. B
  2. A
  3. O
  4. AB

Yang paling banyak meraih medali di olimpiade olah raga:

  1. O (jago olah raga)
  2. A (persis dan matematis)
  3. B (tak terpengaruh pressure dari sekitar. Hampir seluruh atlet judo, renang dan gulat jepang bergolongan B)
  4. AB (alergi pada setiap jenis olah raga)

Yang paling banyak jadi direktur dan pemimpin

  1. O (karena berjiwa leadership dan problem-solver)
  2. A (karena berpribadi “tekun” dan teliti)
  3. B (karena sensitif dan mudah ambil keputusan)
  4. AB (karena kreatif dan suka ambil resiko)

Yang jadi PM jepang rata-rata bergolongan darah

  1. O (berjiwa pemimpin)

Mahasiswa Tokyo Universitas pada umumnya bergolongan  darah : B

Yang paling gampang nabung :

1.       A (suka menghitung bunga bank)

2.       O (suka melihat prospek)

3.       AB (menabung karena punya proyek)

4.       B (baru menabung kalau punya uang banyak)

Yang paling kuat ingatannya

1.        O

2.        AB

3.       A

4.       B

Yang paling cocok jadi MC :

1.       A (kaya planner berjalan)

*Kesehatan*

Yang paling panjang umur :

1.       O (gak gampang stress, antibodynya paling joss!)

2.       A (hidup teratur)

3.       B (mudah cari kompensasi stress)

4.       AB (amburadul)

Yang paling gampang gendut

1.        O (nafsu makan besar, makannya cepet lagi)

2.       B (makannya lama, nambah terus, dan lagi suka makanan enak)

3.        A (hanya makan apa yang ada di piring, terpengaruh program diet)

4.       AB (Makan tergantung mood, mudah kena anoressia)

Paling gampang digigit nyamuk :

1.       O (darahnya manis)

Yang paling gampang flu/demam/batuk/ pilek

1.       A (lemah terhadap virus dan pernyakit menular)

2.       AB (lemah thd hyangiene)

3.       O (makan apa saja enak atau nggak enak)

4.       B (makan, tidur nggak teratur)

Apa yang dibuat pada acara makan-makan di sebuah pesta :

1.       O (banyak ngambil protein hewani, pokoknya daging)

2.       A (ngambil yang berimbang. 4 sehat 5 sempurna)

3.       B (suka ambil makanan yang banyak kandungan airnya spt soup, soto, bakso dsb)

4.       AB (hobby mencicipi semua masakan, “aji mumpung”)

Yang paling cepat botak :

1.       O

2.       B

3.       A

4.        AB

Yang tidurnya paling nyenyak dan susah dibangunkan :

1.       B (tetap mendengkur meski ada Tsunami)

2.       AB (jika lagi mood, sleeping is everything)

3.        A (tidur harus 8 jam sehari, sesuai hukum)

4.        O (baru tidur kalau benar2 capek dan membutuhkan)

Yang paling cepat tertidur

1.       B (paling mudah ngantuk, bahkan sambil berdiripun bisa tertidur)

2.       O (Kalau lagi capek dan gak ada kerjaan mudah kena ngantuk)

3.       AB (tergantung kehendak)

4.        A (tergantung aturan dan orario)

Penyakit yang mudah menyerang :

1.       A (stress, majenun/linglung)

2.       B (lemah terhadap virus influenza, paru-paru)

3.       O (gangguan pencernaan dan mudah kena sakit perut)

4.       AB (kanker dan serangan jantung, mudah kaget)

Apa yang perlu dianjurkan agar tetap sehat :

1.       A (karena terlalu perfeksionis maka santailah sekali-kali, gak usah terlalu tegang dan serius)

2.       B (karena terlalu susah berkonsentrasi, sekali-kali perlu serius sedikit, berkonsentrasi, main catur)

3.       O (karena daya konsentrasi tinggi, maka perlu juga mengobrol santai, jalan-jalan)

4.       AB (karena gampang capek, maka perlu cari kegiatan yang menyenangkan dan bikin lega).

Yang paling sering kecelakaan lalu lintas (berdasarkan data kepolisian)

1.        A

2.        B

3.       O

4.       AB

Hingga saat ini hal-hal yang berkaitan dengan tipe golongan darah dan tipe kepribadian belum menjadi perhatian sungguh-sungguh di Indonesia. Baik perusahaan maupun lembaga-lembaga pendidikan belum membangun perhatian terhadap pengelompokan tersebut untuk dijadikan basis

optimalisasi belajar maupun bekerja. Agaknya menarik jika para guru akan mencoba menelaah lebih jauh tentang hubungan tipe golongan darah dengan karakter belajar siswa di sekolah masing-masing.

Sumber : disini

163 thoughts on “GOLONGAN DARAH DAN TYPE KEPRIBADIAN

  1. Wah, bener-bener lengkap datanya…golongan darah saya A, jadi dari mulai baca posting ini sampai selesai, saya senyum-senyum sendiri :)

    Thanks informasinya, bisa dijadikan bahan masukan nih!

  2. Good news, seoga kita dapat mengenal kepribadian orang dari gol darahnya. Sutu pengetahuan yang dapat dijadikan dasar karakter bila sudah melaui uji ilmiahnya. Dan informasinya lengkap banget.

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah’s Blog

    • Tengkyu mas atas kunjunganya….

      temen saya sudah nembak suaminya lewat cara/tingkah lakunya…

      eh… ternyata betul kalau golongan darahnya ….

      tapi ada yang pas n ada yang ga pas…

      salam

  3. Wah saya bergolongan darah B, sebagian benar sebagian juga bener bangeddd,hehehe

    terimakasih kunjungannya di blog saya, salam kenal :)

  4. Workshop Bisnis Online. Malang, 29-30 Oktober 2011. Peserta terbatas 30 orang. Tempat LAB Statistik FE UIN Malang.

    Materi UTAMA : Membangun TOKO ONLINE, Riset PRODUK, Teknik JITU Promosi dan Marketing INTERNET.

    Materi TAMBAHAN : Optimasi Blackberry+Facebook+Twitter Untuk BISNIS Online.

    Garansi 1 BULAN Jualan.

    Info Lengkap: http://www.GuruBisnisOnline.com | PIN BB 2310BF87 | 0856 4960 8915.

  5. walah…cm bs ketawa…nie gol darah AB.orgx angin2an kyk aq…kdg A,kdg B……kdg lurus..kdg belok…haha..btw..nice info…ty..^_^

  6. kalo golongan darah O kalo di Jepang itu yg terbaik, kalo di Indonesia sendri yg terbaik gol darah apa nih mas kira”.. nice survei nih mas, dpt menjadi cermin pribadi diri kita sendiri.. sukses terus deh.

  7. saya si “B”… suka bgt yg “ga kbangun walau ada tsunami”
    hehehe… saya bgt
    nice posting mas.

  8. waktu SMP cek golongan darah hasilnya A tapi pas SMA cek golongan darah (lagi) hasilnya AB. sekarang jadi ragu mau cek lagi takut malah jadi O. haduuuuhhh………..

  9. saya golongan darahnya O tapi kok sifatnya ada yg mirip sama AB ya? padahal dr keluarga gak ada yang golongan darahnya AB :|

  10. ahaha nice inpooooh gan :D

    bener juga sih rata2 tiap tipe orang sesuai ama yang agan bilangin di atas. tapi kalo ane sendiri sih berpendapat orang tuh bisa berubah ko. jadi org tipe a bisa ‘memaafkan’, juga org dgn tipe ab bisa ‘tegas’. tinggal mau apa ngga hehe

    tengku nice share gan heheh

  11. type darahku AB. koq mirip aku semua..
    kcuali yg (alergi setiap olahraga) tuh ngak
    thanks info nya

  12. ada yang mirip, ada yg ga,
    tipe darahku A., tapi aku ga selalu persis, ..
    cuma berusaha untuk teratur aja..
    aku mau tanya,
    kalo gol. darah A itu ga cocok sama gol. darah B ya?
    soalnya aku il fill banget dengan sifatnya yang hanya mau menikmati hidup sesuka hatinya..

    Nice to share..

  13. golonggan darah B memang agak sedikit konyol.tapi ga apa yang penting kita masih di beri kesehatan sama yang kuasa

  14. thanks infonya… golongan darah A cocok dengan karakter saya yang serius, tapi ngak seserius itu juga ( ngeles dikit ) hehehe….

  15. Golongan darah saya B. Saya suka komen tentang ‘B’ yg bunyi-nya “Mereka cenderung menempel pada tujuan dan mengikutinya hingga akhir, meskipun tampaknya tidak mungkin” … Sounds like a real fighter … Never surrender …

  16. klo boleh tanya campuran darah AB dan B itu golongan darahnya B atau AB ? makasih,,, harap diblasya ?

  17. ada benernya juga sih tapi ada juga ngga nya ^_^
    kan sifat berdasarkan gol.darah ngga tentu sama prsis,,, karakter /sifat bisa berubah seiring proses belajar dan pendewasaan…. hehe

  18. semua itu hanya opini,,, tidak selalu benar begitu, kebenaran saat ini bukan berarti kebenaran saat nanti,, percayalah,, :D

  19. Saya AB. buahahahahah ngakak bacanya. parah nih AB ampe terburuk di jepang gitu? ampe ga ada yg mw skelompokan sm AB lagi? ckck
    ada amburadulnya pula, tapi emg bnyk bgt yg bener, apalagi kpribadian ganda.
    makasih infonye ya gan. :D
    ngakak dewekan XDDD

  20. wkwkwk nyasar ke postingan ini :D
    lumayan ngakak2 sendiri. soalnya gol darahku O, tapi temenku AB. setiap baca ttg gol darah AB jadi ngakak,soalnya cocok betul sama temenku yg galau amburadul wkwkwwk XD XD unik bener itu yg darah AB emang XD

  21. Dlu umur saya 12 tahu, saya cek, golongan’a O
    sekarang umur saya 15 tahun, saya cek lagi, ternyata hasilnya B.
    Kenapa ya mas bisa berubah gini.

  22. hahaha Larass B lohh….dan yg tidur ituu kok yo bener yo om hahaha lah aku kie pelor je :P tapi juga insomia kadang kumaattt

  23. temenku yang gol. darahnya O sama yang golongan darahnya A malah ketuker-tuker gt deskprisinya hehe, terus yang AB juga, malah dia yg jadi reliable leader hahahahaha :))

  24. berita ini penipuan GAN! gak percaya klik link berikut! di artikel ini menceritakan siapa yang sebenarnya menciptakan karakter berdasarkan tipe darah itu adalah REZIM NAZI pada jaman perang dunia ke 2, paham ini diberikan ke JEPANG untuk menghancurkan generasi penerus di jepang! nih linknya di artikel tsb menceritakan ttg kebohongan yang ada! buktinya di negara jerman sendiri mereka gak pernah pakai hal beginian!

    http://www.huffingtonpost.com/2009/02/01/in-japan-your-blood-type-_n_162917.html

  25. ngmg2 dr hsl risert sy ke suami ma anak sy yg gol drah A, emg bnr smua lho, sdngkn sy sndri gol drh AB, itu jg bnr bngt, ga ada yg meleset…,top abizzz…,t.q.

  26. Hehehe….. Bagus banget artikelx! Gol darah q O lumayan banyak yg cocok juga,berati klo dijepang orang dg gol darah O kayak q,yg paling disukai….asikB-)

  27. Data Informasinya lengkap bangettt …
    Kebetulan tipe darah aku A, gampang strees kalau ada Homework.

  28. yang b………………………………………………kok kyaknya ga ngenakin banget ya??
    tapi kyaknya bener juga siih.. :D
    siip dah (y)

  29. Golongan Darah saya B,,,
    coooocok banget sama kepribadianku,, haha…
    aku nyetir sepeda angin aja sering ngantuk….
    hahaha
    pas sekolah SMP dulu

tuliskan nama mu untuk menginggatku

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s